Wali Kota Lepas Jemaah Calon Haji Kota Mataram

Mataram - Wali Kota Mataram Ahyar Abduh melepas jemaah calon haji (JCH) Kota Mataram di halaman Kantor Wali Kota Mataram pada Senin (8/7). Hadir dalam pelepasan 450 orang JCH di tambah lima orang petugas yang tergabung dalam kloter tiga Embarkasi Lombok tersebut, Ketua DPRD Kota Mataram Didi Sumardi, Ketua TP PKK Kota Mataram Suryani Ahyar Abduh, Ketua GOW Kota Mataram ND.Kinnastri Mohan Roliskana, Sekretaris Daerah Kota Mataram Effendi Eko Saswito, Kepala Kementerian Agama Kota Mataram Burhanul Islam, jajaran Staf Ahli dan Asisten Kota Mataram, serta para pimpinan OPD setempat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Mataram Ahyar Abduh menjelaskan bahwa Senin ini adalah hari istimewa dimana para tamu Allah SWT yang sudah dipersiapkan diri dari jauh sebelumnya, baik manasik haji maupun persiapan lain akan berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji.

Pemerintah Kota Mataram bekerja sama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) dan Kementerian Agama Kota Mataram, maupun Provinsi NTB telah memberikan pembekalan-pembekalan baik manasik haji, fisik maupun mental.

Ahyar menjelaskan, sudah menjadi komitmen dan tekad Pemkot setempat untuk mempersiapkan sebaik-baiknya agar para tamu Allah yang berasal dari Kota Mataram, agar para tamu Allah benar-benar dalam memenuhi panggilannya mulai dari berangkat masuk ke asrama haji dan menuju Madinah kemudian ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji sampai nanti kembali menjadi haji yang mabrur.

Ahyar berharap kepada semua jemaah calon haji (JCH) Kota Mataram selama di Tanah Suci agar saling membantu jangan hanya mengharapkan petugas dan juga harus saling kompak dan berharap menjadi contoh bagi jemaah yang lain.

Di akhir sambutannya, Ahyar berpesan agar para jemaah calon haji umembulatkan niat dan tekad semata-mata untuk memenuhi panggilan Allah SWT, dan selalu menjaga kesehatan sebaik-baiknya.

"Semoga mendapatkan haji yang mabrur, dan kita titip doa untuk Kota Mataram, mudah-mudahan kota ini selalu aman, dijauhkan dari segala musibah dan selalu mendapatkan perlindungan Allah SWT," ujarnya.

Sementara itu dalam laporan Kepala Kementrian Agama Kota Mataram Burhanul Islam disebutkan bahwa jamaah calon haji (JCH) yang berangkat hari ini adalah kloter utuh dengan jumlah 455 jamaah termasuk 5 orang petugas yang mendampingi, dengan rincian pria berjumlah 205 orang dan wanita 250 orang. Jemaah haji yang tertua berumur 86 tahun atas nama Hadijah Masud Kursiyah dan yang termuda 19 tahun atas nama Wardatulain Kamaluddin.

Burhanul mengatakan, kondisi jemaah Alhamdulilah sehat meskipun ada beberapa yang memakai kursi roda, namun kita yakin akan tetap sehat.

"Kita berharap semoga seluruh jemaah haji kita ini selalu diberikan kesehatan oleh Allah Swt, dan diberikan kelancaran dalam ibadah hajinya dan Insya Allah nanti kembali ke Tanah Air membawa predikat haji yang mabrur," harapnya. (ndh/nyem/bani-humas)