Pemkot Mataram Terima Bantuan NU Peduli Lombok

Mataram- Wakil Wali Kota Mataram Mohan Roliskana menghadiri acara serah terima bantuan NU peduli Lombok kerjasama NU CARE LAZISNU dan PT.INDOMARKO PRISMATAMA pada Selasa (9/7) di lingkungan Tegal, Kelurahan Selagalas, Kecamatan Sandubaya, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Turut hadir pada acara tersebut Asisten I Provinsi NTB Baiq Eva Cahyaningsih, Wakil Ketua Umum PBNU DR.KH.Maksum Mahfud, Direktur PT.INDOMARCO PRISMATAMA Gondo Sujani, Ketua PWNU Prof.Dr.H.Masnun Tahir, dan Wakil Ketua LAZISNU M.Wahid Emha serta para Pejabat Lingkup Kota Mataram.

"Atas nama Pemerintah Kota Mataram saya mengucapkan terima kasih kepada PT.INDOMARCO PRISMATAMA dan LAZISNU atas kepeduliannya," ujar Mohan dalam sambutannya.

Selain itu, Wakil Wali Kota Mataram Mohan Roliskana juga menjelaskan semua program-program yang berkaitan dengan rehabilitasi dan rekontruksi di Kota Mataram lebih awal bisa diselesaikan dengan baik.

Mohan mengatakan, hampir sekitar 13.000 rumah di Kota Mataram mengalami kerusakan, 2.300 rumah mengalami rusak berat dan hampir 800 rumah sudah tertangani dengan baik.

Menurut Mohan, rumah yang diberi bantuan dari LAZISNU dalam bentuk HUNTARA banyak masyarakat yang tidak mau mengembalikan dikarenakan kualitas rumahnya sangat bagus.

Asisten I Provinsi NTB Eva Cahyaningsih juga mengucapkan terima kasih kepada PT.INDOMARCO PRISMATAMA dan LAZISNU dan berharap kedepan untuk terus bisa bersinergi sehingga rehab fisik maupun non fisik bisa segera terselesaikan.

Eva juga berpesan kepada masyarakat yang menerima bantuan dari LAZISNU untuk bisa memanfaatkan dengan baik dan seoptimal mungkin sehingga bisa kembali pulih sebelum terjadinya gempa.

Wakil Ketua LAZISNU M. Wahid Emha dalam laporannya menjelaskan bahwa Penangulangan bencana itu harus ada tiga pihak maka ada segitiga biru yang ada di logonya PNBP dan BPBD yang pertama pemerintah, masyarakat (NU Bagian dari masyarakat), dan dunia usaha. "Ketiga-tiganya harus jalan dan inilah gambaran dari acara ini", Ucapnya. Wahid mengatakan bahwa program ini tentunya masih banyak kekurangannya akan tetapi tidak akan mengurangi manfaat dar program yang luar biasa ini.

Sedangkan Gondo Sujani yang merupakan Perwakilan dari PT.INDOMARCO PRISMATAMA mengatakan bahwa Program NU Peduli Lombok merupakan hasil dari penggalangan donasi konsumen indomaret periode 10 Agustus-9 Oktober 2018 yang telah berjalan dan hasilnya telah diserahterimakan kepada NU CARE LAZISNU pada waktu itu di kantor pusat PBNU yang semuanya berjumlah sekitar 3 milyar lebih. Ini wujud nyata dari program donasi yang diserah terimakan untuk membantu program-proggram berjalan dan yang dbutuhkan oleh masyarakat. Untuk saat ini program yang disalurkan adalah untuk bantuan bencana di Lombok. Dan pada tanggal 20 Juli nanti Gondo juga mengatakan akan menyelenggarakan Posyandu dan Kreativitas anak di Lokasi ini.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan bantuan berupa Mobil Ambulance kepada Puskesmas Gunung Sari dan penyerahan rumah semi permanen serta penyerahan School Kids. Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Mataram, Wakil Ketua PBNU, serta Direktur PT.INDOMARCO PRISMATAMA.