Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, OJK dan Pemkab Sigi Bentuk TPAKD

Sigi - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Pemerintah Kabupaten Sigi membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dalam rangka peningkatan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

TPKAD Kabupaten Sigi ini dikukuhkan oleh Sekretaris Daerah Muh Basir di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Kota, Kamis (17/9).

TPAKD merupakan Forum Koordinasi Antar Instansi dan stakeholder untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera, yang dirangkaikan dengan peluncuran penyaluran kredit kacang tanah Bank Sulteng. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan demo alat dan penanaman kacang tanah secara mekanisasi.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah Rudi Dewanto, memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan penanaman perdana kacang tanah secara mekanisasi pada area tanam seluas 20 hektare yang merupakan momentum strategis untuk membangkitkan semangat bertani dan mengoptimalisasi lahan kosong menjadi lahan produktif, khususnya dengan menjadikan kacang tanah sebagai komoditi unggulan yang dapat dibudidayakan petani.

Ia juga berharap kepada TPAKD Kabupaten Sigi yang baru dikukuhkan agar dapat melakukan langkah-langkah terobosan untuk menggali potensi ekonomi daerah guna mempercepat laju perekonomian dan iklim usaha di Kabupaten Sigi dan mendongkrak akses permodalan yang pro terhadap pelaku ekonomi mikro dan UKM.

Sementara itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir berharap kepada TPAKD yang baru dikukuhkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya agar apa yang menjadi tujuan pembentukan tim ini dapat terwujud demi kemakmuran masyarakat di Sigi, serta dapat memberikan kontribusi serta memberikan manfaat yang lebih baik dalam rangka mendorong program-program pemerintah daerah.

Selain itu, Basir juga berharap agar peluncuran penyaluran kartu kredit kacang tanah oleh Bank Sulteng dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di Sigi, terutama masyarakat petani untuk membantu meningkatkan kesejahteraan.

Hadir pula pada kesempatan ini, Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah Rudi Dewanto, Komisaris PT Bank Sulteng Karim Hanggi, Dirut Bank Sulteng Rahmat Abdul Haris, Kepala OJK Provinsi Sulawesi Tengah Gamal Abdul Kahar, kadis TPHP Provinsi Sulawesi Tengah, para kepala OPD Kabupaten Sigi, tenaga Ahli, sekretaris camat Sigi Kota, kepala desa, dan gapoktan.