Sekda Sigi Ikuti Vidcon Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan BPJS Kesehatan

Sigi - Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir didampingi Kepala BKPSDMD, Kepala BKAD, dan Kadis Sosial Kabupaten Sigi mengikuti video conference Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan BPJS Kesehatan tahap II, Kamis (1/10).

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palu mengatakan berdasarkan data BPJS saat ini ada sekitar 22 fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Sigi dimana ada satu Rumah Sakit dan 21 fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

"Ia berharap ke depan seluruh masyarakat Kabupaten Sigi dapat berobat di rumah sakit yang ada sehingga bisa menjadi sumber pendapatan bagi Kabupaten Sigi karena banyak masyarakat Sigi yang berobat di luar daerah tersebut," katanya.

Terkait pelayanan yang ada di Puskesmas, sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan diharapkan bahwa Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dapat melayani masyarakat secara optimal terlebih dahulu.

Puskesmas juga diharapkan dapat melakukan pelaporan secara rutin jumlah yang dilayani dan melakukan pencatatan yang lebih baik. Kepala Cabang juga berterima kasih kepada Puskesmas karena hampir sebagian besar Puskesmas sudah rutin memasukkan klaimnya kepada BPJS agar dapat diproses dan dibayarkan, tetapi masih ada juga Puskesmas yang sama sekali belum memasukkan klaimnya (Puskesmas Kantewu, Lindu dan Banasu).

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir berharap agar penyediaan di rumah sakit bisa optimal dalam waktu dekat termasuk mobile JKN Faskes.