Bupati Kubu Dorong Pengembangan Produk UMKM Lokal

“Mari kita beli produk-produk UMKM rakyat Kubu Raya untuk membela dan bantu penguatan ekonomi rumah tangga dan kurangi pengangguran dan meningkatkan kualitas hidup rakyat, semua produk UMKM bisa dititip dan dijual di Galeri UMKM dan Dekranasda yang berada tepat di pintu masuk kantor bupati dan akan saya pajangkan di ruangan saya," katanya, Minggu (4/10).

Bupati menambahkan setiap wisata yang ada di desa-desa juga bisa mengembangkan UMKM dengan melibatkan pemuda dan ibu-ibu rumah tangga dalam pengelolaannya, mengingat saat ini Kubu Raya sedang gencar dan memunculkan produk lokal dari hasil pertanian, perikanan, perkebunan, perternakan dan holtikultura yang diolah menjadi produk UMKM.

“Jangan dijual mentahnya saja. Coba lihat, berapa pisang yang keluar menggunakan kontainner dari Kubu Raya, berapa kelapa dan nanas yang dijual mentah? Saya kira semua ini perlu diolah, sehingga akan menghasilkan nilai tambah," ujarnya.

Lebih lanjut untuk mendukung penjualan hasil UMKM masyarakat, pihaknya juga berusaha memaksimalkan pasar lokal yang mana semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk membeli produk UMKM, termasuk snack-snack yang dijual dan pajangkan di Galeri Dekranasda dan Galeri UMKM..