Wisata Religi Darul Fikri Jadi Ikon Baru Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya - Wisata religi Pondok Pesantren (Pon-Pes) Darul Fikri yang berlokasi di Desa Sungai Belidak Kecamatan Sungai Kakap kini menjadi wisata yang diminati warga dan mulai di padati pengunjung dari berbagai daerah di Kalimantan Barat.

Kondisi itu dapat terlihat, yang mana setiap harinya jumlah pengunjung di wisata religi itu menunjukan peningkatan yang cukup signifikan, selain hiburan yang bernuansakan relegi, namun aneka kuliner khas daerah itu menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk lebih dekat mengenal wisata religi tersebut.

Pemuda Desa Sungai Belidak yang turut andil dalam pengembangan wisata relegi Darul Fikri Juliansyah mengaku setiap harinya semakin banyak peminat yang berkujung di wisata religi itu, mulai dari warga, intansi, sampai jajaran di Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya yang ingin menikmati keindahan alam di wisata relegi ini.

Juliansyah mengatakan adapun para pengunjung yang datang di wisata religi ini, tidak hanya dari Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak saja, melainkan ada juga dari kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Barat, seperi Kabupaten Mempawah, Sambas, Sanggau dan Kota Singkawang.

“Animo masyarakat yang berkunjung di wisata ini cukup tinggi berkisar antara 100 sampai 150 orang setiap harinya, bahkan jika pada hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu, para pengunjung bisa mencapai 250 orang dan ada yang sudah memboking tiket masuk terlebih dahulu melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh pengelolah wisata religi Darul Fikri," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mendukung dan mengapresiasi kreativitas dan inisiatif pemuda di semua desa, yang mana saat ini Kabupaten Kubu Raya telah banyak memiliki wisata desa.

“Pemkab Kubu Raya terus berusaha mengembangkan program wisata ini, termasuk 118 desa lainnya yang tentunya memiliki ciri khas budaya peradaban yang masih hidup dan ini suatu potensi yang luar biasa bagi Kabupaten termuda di Kalbar ini," ungkapnya.