Pemkab Tanah Datar Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Batusangkar - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual yang digelar di Monumpen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10) pagi.

Sekda Irwandi bersama Staf Ahli, Asisten, Kabag dan Kasubag di lingkup Sekretariat Daerah mengikuti upacara di Aula Eksekutif, Kamis pagi. Begitu juga perangkat daerah dan instansi vertikal mengikuti upacara di kantor masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 yang mengangkat tema Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur dan turut hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Adapun teks Pancasila dibacakan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dibacakan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membacakan doa.

Usai upacara, presiden dan rombongan melakukan napak tilas di monumen Lubang Buaya saksi bisu tempat para jenderal dan prajurit TNI pahlawan Revolusi disiksa dan dikubur di satu lubang yang berdiameter 75 cm dan kedalaman 12 meter tersebut.