TP PKK Tanah Datar Distribusikan APD ke Dua Kecamatan

Batusangkar - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tanah Datar kembali mendistribusikan alat pelindung diri (APD) ke Kecamatan Tanjung Emas dan Lintau Buo melalui Gebrak Masker, Jumat (2/10).

Sebelumnya, pendistribusian APD ini sudah diserahkan secara simbolis oleh Pjs Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Tuti Rahman kepada para ketua TP PKK kecamatan. Pendistribusian APD secara langsung bagi kedua kecamatan itu sekaligus dalam rangka monitoring persiapan penilaian Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) Keluarga Berencana (KB) Kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.

“Alhamdulillah, penyerahan secara langsung di Kecamatan Tanjung Emas dan Kecamatan Lintau Buo menandai telah terlaksananya pendistribusian APD kepada seluruh TP PKK Kecamatan di Tanah Datar untuk nantinya dibagikan ke masyarakat melalui Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Wali Nagari, Jorong dan Posyandu,” ujar Tuti Rahman.

Selain itu APD yang bersumber dari pengurus TP PKK Provinsi Sumatera Barat ini telah dibagian ke masyarakat di beberapa titik daerah sekitar Tanah Datar, salah satunya di Pasar Serikat Batusangkar bertepatan dengan hari pasar tradisional.

“Inilah bentuk kontribusi nyata TP-PKK memutus penyebaran COVID-19, semoga bantuan APD ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Tuti.

Tuti menambahkan bahwa tugas kader TP PKK selama masa pandemi ini adalah menjaga diri, menjaga keluarga dan menjaga masyarakat dari COVID-19.

Senada dengan itu, Kepala Dinas PMDPPKB Kabupaten Tanah Datar Nofenril mengharapkan dukungan semua pihak dalam mencegah penyebaran COVID-19 dimulai dari keluarga, jorong, nagari, kecamatan hingga kabupaten.

“Jangan dikira COVID-19 tidak ada, kita memang lelah dalam penanganannya tetapi tidak boleh berputus asa. Mulai dari pemanfaatan dana desa hingga penyaluran APD dari TP-PKK Tanah Datar adalah bentuk pemutus rantai pandemi COVID-19, untuk itu perlu adanya dukungan dari semua lini masyarakat, dengan menerapkan disiplin dan kesadaran dalam melaksanakan protokol kesehatan COVID-19,” ujar Nofenril.

Nofenril juga berharap kader TP-PKK aktif menggalakkan penerapan 3M di tengah-tengah masyarakat yaitu mencuci tangan pakai sabun dan air yg mengalir, memakai masker dan menjaga jarak.

“Selalu patuhi imbauan pemerintah di masa pandemi COVID-19 ini. Mudah-mudahan pandemi cepat berlalu dan keadaan kembali normal,” ujar Nofenril dalam sambutannya yang juga dihadiri Camat, Wakil Ketua II Rina Irwandi beserta segenap pengurus TP PKK Tanah Datar.