Sekda Apresiasi Kegiatan LSM di Kabupaten Sigi

Sigi - Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir menghadiri Exit Program Membangun Ketahanan Kesehatan Mental Masyarakat Pasca-Bencana di Kabupaten Sigi, Selasa (27/10).

Program "Membangun Ketahanan Kesehatan Mental Masyarakat Pasca-Bencana di Kabupaten Sigi" ini merupakan salah satu kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dengan LSM yang bergerak di bidang kesehatan mental, yaitu sejenakhening.com dan Caritas Germany Indonesia.

"Tujuannya sebagai bagian dari upaya pemulihan sekaligus langkah mitigasi bencana dari aspek psikis," katanya.

Adapun beberapa kegiatan yang telah dilakukan diantaranya workshop, pelayanan konseling psikologis di dua puskesmas yaitu Sigi Biromaru dan Dolo, pelatihan kader sehat jiwa dan pelayanan konseling kelompok di beberapa desa (Karawana, Potoya, Solove, Sidera), serta kegiatan serupa lainnya.

"Program ini memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat karena memberikan pemahaman dan menjadi media konsultasi terkait dengan kesehatan mental," terangnya.

Beliau berharap program ini nantinya dapat menjadi model bagi wilayah lain di Sulawesi Tengah.

Hadir juga pada kesempatan ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, perwakilan dari beberapa OPD, serta Kepala Desa dan kader sehat jiwa di empat desa yang telah mendapatkan pelatihan untuk dapat memberikan layanan konseling awal.