Pjs Bupati Sigi Pimpin Lokakarya Gerakan Kembali Bersekolah

Sigi - Pjs Bupati Sigi Sisliandy membuka Lokakarya Gerakan Kembali Bersekolah kerjasama pemerintah Kabupaten Sigi dengan Unicef dan Yayasan Karampuang, Selasa (27/10).

"Sesuai dengan data BPS, dari sisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang meliputi sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat berada pada nilai 68,16 dan menduduki peringkat 5 dari 13 Kabupaten/ Kota di Provinsi Sulawesi Tengah," katanya.

Dijelaskan, sektor pendidikan tahun 2019 angka melek huruf terus mengalami peningkatan 96,68 persen untuk rata-rata lama sekolah atayu naik 8,53 persen. Harapan lama sekolah tumbuh 12,86 tahun dari tahun sebelumnya mencapai 12,56 tahun.

"Artinya lama pendidikan yang diharapkan dapat dicapai oleh setiap anak adalah 12,86 tahun atau sampai kelas 3 SMA atau sederajat," terangnya.

Data tersebut menjadi sangat penting karena akan menjadi bahan dan informasi serta masukan mengenai program pendidikan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun daerah dalam memenuhi kewajibannya dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pjs Bupati Sigi sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Unicef melalui Yayasan Karampuang yang telah menginisiasi kegiatan lokakarya gerakan kembali bersekolah dan berharap tidak ada lagi nantinya anak usia sekolah yang tidak bersekolah atau putus sekolah di Kabupaten Sigi.

Turut hadir Kadis PMD Kabupaten Sigi, Perwakilan OPD terkait, Para Camat dan Para Kades di Kabupaten Sigi.