Pjs Bupati Sigi Resmikan Sentra UMKM Kecamatan Kulawi

Sigi - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sigi Sisliandy meresmikan sentra UMKM Kecamatan Kulawi di Desa Matauwe, Kamis (29/10).

Pjs Bupati Sigi disambut dengan rangkaian prosesi adat penyambutan Kulawi yang dimulai dengan pemasangan siga atau ikat kepala, dan dilanjutkan dengan prosesi Pepantodui dan tarian Rego. Rangkaian prosesi ini sebagai tanda penyambutan dan penghormatan, juga sekaligus menjadi simbol ikatan sebagai bagian dari masyarakat Kulawi.

Sentra UMKM ini dibangunan atas kerja sama pemerintah daerah Kabupaten Sigi dengan beberapa organisasi/lembaga yaitu Kerk in Actie, Icco Cooperation, dan Penabulu Alliance.

Pjs Bupati Sigi Sisliandy pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada dinas terkait dan yayasan yang telah bekerjasama serta masyarakat Kulawi yang telah bersama-sama dalam pembangunan sentra UMKM di Kecamatan Kulawi.

Sisliandy menyampaikan agar sentra UMKM ini dimanfaatkan secara baik dan berkelanjutan oleh masyarakat sebagai media dan wadah untuk melakukan transaksi ekonomi.

Dirinya juga berharap bahwa hasil bumi maupun kerajinan yang diperjualbelikan adalah hasil dari pemanfaatan kekayaan alam yang ada di Kulawi.

Sementara itu, Program Manager Penabulu Tri Yonanita menyampaikan bahwa sentra UMKM ini didirikan dengan melihat latar belakang kondisi wilayah Kulawi yang bisa saja terisolir saat terjadi bencana. Melalui sentra UMKM ini diharapkan memberikan dorongan bagi masyarakat agar mampu memanfaatkan hasil alam yang ada untuk menjaga ketahanan pangan sebagai bagian dari tindakan antisipasi bencana.

Di tempat yang sama, Plt Kadis Koperasi dan UMKM Kaharudin menyebutkan bahwa UMKM saat ini menjadi tren yang terus diupayakan penguatan dan pengembangannya oleh pemerintah bersama seluruh komponen untuk membangkitkan kemandirian ekonomi masyarakat.

Turut hadir bersama beliau, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi, Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sigi.