Aceh Barat Berpotensi Jadi Pusat Perikanan Terbesar di Wilayah Barat Indonesia

Aceh Barat - Bupati Aceh Barat Ramli MS melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhi Prabowo untuk mengembangkan pusat perikanan terbesar dan modern di wilayah barat Indonesia tersebut.

“Pertemuan bersama Bapak Edhy Prabowo ini sebagai upaya mewujudkan cita-cita pemerintah dalam meningkatkan kedaulatan pangan khususnya di bidang perikanan,” kata Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS, Senin (2/11).

Di dalam pertemuan tersebut Ramli MS didampingi Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Infanteri Dimar Bahtera, turut menyerahkan sejumlah rencana pengembangan industri perikanan di pantai barat Aceh diantaranya pengembangan tambak udang rakyat, pembangunan gudang penyimpanan ikan segar, pembangunan pasar ikan modern di Meulaboh, Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat.

Tidak hanya itu, dalam pertemuan tersebut Bupati Aceh Barat turut menyertakan usulan perencanaan pengembangan hutan manggrove di wilayah pesisir.

"Pertemuan ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Aceh, khususnya kawasan pesisir," tuturnya.

Selain itu, upaya tersebut sekaligus mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi nasional serta mewujudkan ketahanan pangan di bidang perikanan dan menjadikan Aceh Barat sebagai kawasan industri perikanan modern dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyambut baik rencana pengembangan perikanan yang diajukan oleh Bupati Aceh Barat.

"Diharapkan pengembangan sektor perikananan di wilayah Indonesia bagian barat semakin lebih maju, modern dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir," ungkapnya.