Libur Panjang, Tim Gabungan Awasi Prokes di Tempat Wisata Singkawang

Singkawang – Dalam rangka mengantisipasi libur panjang dan cuti bersama, serta lonjakan pengunjung di tempat wisata, tim gabungan bersama Gugus Tugas COVID-19 Kota Singkawang melaksanakan pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Singkawang Syafrudin mengatakan, Singkawang sebagai tujuan wisata kemungkinan akan ramai dikunjungi saat libur dan cuti bersama ini. Sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19, maka pihaknya bersama tim gabungan akan melakukan pengawasan protokol kesehatan di tempat wisata mulai 30 Oktober hingga 1 November 2020.

“Hasil rapat koordinasi, kita siapkan pos pengamanan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19,” kata Kepala Pelaksana BPBD Singkawang, Syafrudin, Jumat (30/10).

Ia mengatakan, pos pengamanan ini akan ditempatkan di empat tempat wisata, yaitu Taman Pasir Panjang, Palm Beach, Tanjung Bajau dan Taman Cinta. Selain penempatan personel, ditiap tempat wisata disiapkan satu mobil ambulance dan satu mobil patroli.

“Ada 11 personel standby setiap harinya di tempat wisata yang ditentukan. Kodim 1202 sebanyak 3 personel, Polres 3 personel, Satpol PP 2 personel, Dinas Kesehatan 2 personel dan BPBD 1 personel,” ujarnya.

Tim gabungan ini, katanya, selain pengamanan juga melalukan pengawasan protokol kesehatan kepada pengunjung tempat wisata sesuai dengan Perwako 49 Tahun 2020.

“Pengawasan protokol kesehatan lebih kepada sosialisasi dan imbauan serta pendekatan kepada masyarakat secara humanis,” katanya.