Pemkot Singkawang Terima Bantuan 8.750 Alat Rapid Test

Singkawang – Pemerintah Kota Singkawang kembali menerima bantuan alat rapid test dari pihak swasta. Kali ini, bantuan 8.750 alat rapid test diberikan oleh Guang Dong Rayton Intelligent Opto Go Ltd asal Tiongkok.

Penyerahan bantuan diterima langsung Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dari PT Rayton Intelligent Indonesia yang merupakan anak Perusahaan Guang Dong Rayton Intelligent Opto Go Ltd.

Tjhai Chui Mie, dalam sambutannya berterima kasih atas bantuan yang ada. Nantinya bantuan alat rapid test ini akan diserahkan ke Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat Kota Singkawang.

“Dengan bantuan ini kita harapkan akan memudahkan Pemokot dalam melakukan langkah langkah pencegahan dan menekan penyebaran Covid-19 Kota Singkawang,” katanya di Singkawang Sabtu (31/10).

Selain itu,  Wali Kota Singkawang juga menerima bantuan 4000 pcs masker dari donatur William Jefferson asal Jakarta.

“Ini juga ada bantuan masker 4.000 pcs. Kami sangat berterima kasih ini akan bermanfaat sekali untuk masyarakat apalagi kita tengah menggalakkan pemakaian masker,” katanya.

Meski sudah masuk zona kuning, Tjhai Chui Mie berharap masyarakat Singkawang tidak lengah dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Jadikan pemakaian masker, mencuci tangan dengan air, dan menjaga jarak menjadi kebiasaan dalam beraktivitas sehari-hari,” ajaknya.

Dengan disiplin penerapan protokol kesehatan yakni 3M, ujarnya, maka tidak menutup kemungkinan Singkawang akan keluar dari zona kuning dan masuk ke zona hijau.

“Tekad ini butuh kerjasama masyarakat. Tanpa dukungan masyarakat maka usaha kita bersama agar masuk zona hijau hanya sia sia,” katanya.

Sejak masa pandemi Covid 19 melanda dunia, berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah dan para relawan di seluruh dunia guna menekan bertambahnya angka korban. Baik pihak pemerintah maupun swasta saling membahu dengan segala upaya yang ada mulai dari pengadaan masker, hand sanitizer, face shield, dan alat rapid test.

Hal inilah yang mendorong Guang Dong Rayton Intelligent Opto Go. Ltd melalui anak perusahaan bernama PT Rayton Intelligent Indonesia yang memberikan bantuan kepada Indonesia berupa alat rapid test. Bantuan tersebar ke berbagai daerah di Tanah Air termasuk Singkawang, Kalimantan Barat sebanyak 350 kotak, setiap kotak berisi 25 pcs, dengan demikian total yang diberikan sebanyak 8.750 pcs alat rapid test. Bantuan tersebut tiba di Singkawang melalui salah satu tokoh muda Singkawang bernama Jusin Tiono.

“Bantuan ini merupakan salah satu wujud kepedulian rekan-rekan Singkawang yang berada di Jakarta yang telah mengupayakan agar alat rapid test juga dapat tersalurkan ke Singkawang," ungkap Jusin.

Pihaknya berharap adanya alat rapid tes ini, semakin memudahkan tenaga medis dalam melaksanakan tugas dan diharapkan Singkawang segera terbebas dari pandemi COVID-19.