Wagub Sumbar Tutup Festival Pesona Minangkabau 2019

Tanah Datar - Festival Pesona Minangkabau (FPM) 2019 resmi ditutup Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Minggu (8/12) malam.

Dalam sambutannya, Wagub Nasrul Abit menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas dukungan dan partisipasi masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam melaksanakan FPM.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak, masyarakat dan pemerintah daerah sehingga pelaksanaan pergelaran Festival Pesona Minangkabau berjalan sukses, walaupun harus diakui masih ada kekurangannya," ujarnya.

Nasrul Abit mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sumbar tetap komitmen mendukung pelaksanaan FPM di masa datang, apalagi FPM mampu masuk dalam 100 Wonderful Event di Indonesia.

"Tanah Datar merupakan pusat adat budaya Minangkabau, dan sudah tepat kegiatan FPM dipusatkan di sini, tentu diharapkan kegiatan ini di samping untuk pelestarian budaya kita juga mampu memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, seperti para pedagang di lokasi pameran ini," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat langsung atau tidak langsung, masyarakat dan panitia dalam mempersiapkan dan melaksanakan FPM 2019.

"Alhamdulillah FPM berjalan aman dan cukup sukses, namun perlu evaluasi lebih nantinya agar pelaksanaan kegiatan ini semakin sukses ke depannya," katanya.

Beberapa hal yang harus menjadi kajian itu, tambah Zuldafri Darma, jadwal pelaksanaan hendaknya diagendakan di pertengahan tahun.

"Saya yakin dan percaya, kita ingin acara ini lebih sukses baik dari pelaksanaan kegiatan ataupun dampak peningkatan kunjungan, Namun sepandai-pandai kita berencana kalau Allah SWT berkata lain dengan menurunkan hujan dari awal sampai akhir acara ini, sehingga tentu berdampak pada target awal kita itu. Tapi hendaknya ini menjadi pengalaman dan bahan evaluasi kita ke depan sehingga lebih direncanakan secara matang tahun depan," harapnya.

Di kesempatan sebelumnya, Ketua Pelaksana Irwandi yang juga menjabat Sekretaris Daerah Tanah Datar juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan semua pihak.

"Terima kasih atas dukungan panitia, masyarakat, OPD dan pimpinan daerah atas pelaksanaan event FPM ini, tentu kita masih banyak kekurangan terutama jadwal pelaksanaan kegiatan akan menjadi bahan evaluasi, sehingga tidak di akhir tahun pelaksanaannya, karena kita tahu kalau akhir tahun disamping cuaca penghujan, daerah lain yang diharapkan menjadi peserta dalam FPM juga sibuk dengan kegiatan di daerah masing-masing," katanya.

Seperti yang telah sama kita ketahui, ujar Irwandi, tahun 2020 FPM masih tetap masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia.

"Keberhasilan FPM tetap masuk dalam kalender Kemenpar RI dalam 100 Wonderful Event untuk tahun depan tentu harus kita tingkatkan segala sesuatunya, sehingga memang memberikan dampak nyata bagi masyarakat kita di Tanah Datar, baik bidang budaya ataupun ekonomi," pungkasnya.