Pelaksanaan Semarak Pesona Merapi Sungai Tarab Diundur

Tanh Datar - Rencananya akan digelar pada 22 Maret 2020, Semarak Pesona Marapi Sungai Tarab di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, harus diundur gelarannya hingga 4-7 Juni 2020 mendatang.

"Perubahan jadwal ini terpaksa dilakukan mengingat Februari dan Maret ini akan ada rangkaian tahapan ujian nasional (UN) bagi siswa," kata Camat Sungai Tarab Afrizal di ruang kerjanya, Jumat (28/2).

Lebih lanjut, Afrizal mengungkapkan agenda besar pelajar tersebut merupakan alasan utama penundaan event kebanggaan masyarakat Sungai Tarab ini.

"Atas nama pemerintah daerah, kecamatan dan panitia, Saya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat atas penundaan ini. Keputusan ini sudah dikaji dan mempertimbangkan seluruh kemungkinan yang akan terjadi," ujarnya.

Afrizal menegaskan bahwa pelaksanaan Semarak Pesona Marapi Sungai Tarab hanya diundur, bukan dibatalkan.

"Kesepakatan ini sesuai hasil rapat koordinasi pemerintah kecamatan Sungai Tarab, untuk lokasi tetap dipusatkan di Lapangan Gudang Rao-Rao. Mohon dukungan dan kerjasama kita semua agar acara ini sukses dan meriah," harapnya

Sementara itu, Wali Nagari Rao-Rao Fahmi Muhammad mengaku setuju dengan pengunduran acara tersebut.

"Saya setuju karena alasannya sangat kuat, di samping itu jadwal penggantinya bertepatan dengan suasana Idul Fitri, sehingga diharapkan perantau yang mudik juga bisa ikut serta memeriahkan event besar ini," ujarnya.

Semarak Pesona Merapi akan diwarnai pawai budaya, pentas seni, marathon wisata, fashion carnaval, baluluak jo bajarami, alu katentong, kampuang kopi, lomba alua pasambahan, pacu jawi, trail adventure, festival lagu religi dan lomba foto.