Wabup Kubu Raya: Keragaman Jadi Modal Pembangunan

Kubu Raya - Sebagai miniatur Kalimantan Barat dengan masyarakat yang heterogen, keragaman di Kabupaten Kubu Raya harus dijaga dengan baik, sebab menjadi modal sosial dalam membangun daerah.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo saat membuka Rapat Kerja Daerah Forum Komunikasi Orang Bugis (Rakerda FKOB) DPD Kabupaten Kubu Raya di The Q Hall Qubu Resort, Kubu Raya, Minggu (1/3).

"Kita bersyukur bangsa Indonesia bermacam suku dan tetap kokoh, walaupun ada kelompok-kelopok yang tidak dipungkiri ingin memecah belah. Bangsa Indonesia beraneka ragam suku bangsa tetapi tetap menyatu. Ini yang harus kita jaga karena menjadi modal untuk pembangunan," tuturnya.

Termasuk masyarakat Bugis, lanjutnya, punya kontribusi yang besar terhadap bangsa dan negara, terlebih dengan jumlah yang cukup banyak dan sebaran yang merata.

"Saya sangat menyambut baik Rakerda FKOB ini. Mari dengan keanegaramaan ini kita berkiprah untuk membangun Kubu Raya yang lebih maju," ajaknya.

Sujiwo menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengapresiasi pelaksanaan rakerda ini.

Ia menilai rakerda ini menjadi forum yang akan menghasilkan berbagai hal yang konstruktif dan berkontribusi pada pembangunan di Kabupaten Kubu Raya.

"Kita memaknainya sangat positif. Di Kalimantan Barat ini multietnis dan agama. Kita harus menjadikan ini kekuatan untuk mengisi pembangunan daerah," ajaknya.

Ia menambahkan keragaman suku, agama, ras, dan antargolongan merupakan taman sari Indonesia.

"Ini jadikan potensi dan kekuatan daerah terutama di Kubu Raya," imbuhnya.